Kamis, 29 Oktober 2009

Dahsyatnya Energi Waktu Malam


Pada waktu kecil yang kutahu bahwa waktu malam itu gelap, menakutkan pokoknya banyak cerita di kampong yang menyeramkan.
Namun, sejalan pertambahan usia. Ketika menginjak usia kelas 4 sd, ternyata waktu malam terasa mengasyikkan........aku lebih banyak bermain dengan teman2 sebaya justeru pada waktu malam.

Bahwa waktu-waktu malam adalah waktu yang syarat dengan kejadian-kejadian spiritual.

Allah telah membuat ketetapan di dunia ini, bahwa kita pasti akan mengalami dua keadaan :

1. Keadaan dimana matahari bersinar hingga segala sesuatu yang ada dibumi ini menjadi tampak oleh pandangan mata kita, dan keadaan demikian ini disebut sebagai waktu siang.
2. Keadaan dimana matahari tidak menampakkan sinarnya sehingga segala sesuatu tampak menjadi gelap dalam pandangan mata kita, kecuali hanya terlihat samar dan redup oleh baying-bayang rembulan dan bintang.

Allah berfirman dalam al-Qur’an :
“Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam………….” (QS. Faathir: 13).

Ada 2 ciri utama yang dimiliki waktu malam :
Pertama, suasana gelap karena ketika waktu malam matahari tidak menampakkan sinarnya, hanya cahaya rembulan dan bintang-bintang di langit yang membuat permukaan bumi terlihat samar sebagian. al-Qur’an menjelaskan :
“Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan” (QS. Yaasiin : 37)

Kedua, suasana hening dan sunyi senyap karena pada waktu malam seluruh makhluk hidup didunia seraya beristirahat. al-Qur’an telah menjelaskannya :
“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat ………………….” (Qs. al-Furan : 47).

Bahwa dibalik keadaan seperti itu, sesungguhnya tersimpan energy dan kekuatan yang luar biasa. Diantara kekuatan yang terpancar pada waktu malam itu adalah sebagai berikut:
a. Menghidupkan dan Membukakan Mata Batin.
b. Mendatangkan konsentrasi dan Kekhyusukan.
c. Kekuatan Introspekdi.
d. Mendatangkan Keikhlasan dan Kejuruan dalam beramal.

Itulah sebagian yang masih dapat kita rasakan betapa Allah memberikan gambaran akan dahsyatnya energi pada malam hari. Maka..........mari kita raih sebanyak2nya energi waktu malam dengan bangun di 1/3 malam, tegakkan Qiyamullail, bermunajat kepada Sang Khalik pencipta Alam semesta ini.
Malam ini aku bersujud dihadapanmu Ya Allah,
Malam ini ku teteskan air mata ini hanya untuk Mu Ya Allah,
.......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar