Rabu, 14 Juli 2010

SYA'BAN GERBANG MENUJU RAMADHAN


Sya'ban merupakan bulan yang strategis bagi umat Muslim. sebab, inilah bulan yang akan mengantarkan umat Muslim menuju bulan nan agung, Ramadhan. Sya'ban pun menjadi istimewa, karena pada bulan ini amal ibadah setiap hamba diangkat menuju Allah SWT.

Bulan Sya'ban kembali tiba. Itu berarti, gerbang menuju bulan suci Ramadhan sudah mulai terbuka. Sya'ban pun menjadi bulan yang penting dan strategis bagi umat Muslim. Betapa tidak. Inilah waktu yang tepat bagi seluruh umat Islam untuk mempersiapkan diri menuju datangnya Ramadhan.

Salah satu keutamaan bulan Sya'ban adalah malam Nisfu Sya'ban (Pertengahan Sya'ban). Sebagaimana hadis Nabi saw; "Pada malam Nisfu Sya'ban Allah SWT memandang kepada semua makhluknya, kemudian memberikan ampunan kecuali kepada orang musyrik dan orang yang bermusuhan "(HR Thabrani dan Ibnu Hibban dari kitab shahihnya).

Memang masih terdapat perbedaan pendapat dikalangan umat Muslim.
Al Hafidh Ibn Rojab al Hambali dalam kitab al-lathoil mengatakan bahwa kebanyakan ulama hadits menilai hadis-hadis yang berbicara tentang malam Nisfu Sya'ban masuk kategori hadits dho'if (lemah). Namun, Ibnu Hibban menilai sebagian hadits itu sahih, dan memasukkannya dalam kitab shahihnya.

Terlepas dari semua itu, menghidupkan setiap malam dengan ibadah merupakan sebuah keharusan. Asal tidak membuat zhalim terhadap diri maupun orang lain. Dan tidak mengada-adakan sesuatu yang tidakmada contohnya secara syar'i.
Semoga kita dapat meraih pahala dan rahmat di bulan Sya'ban ini,amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar