Sabtu, 14 Maret 2009

Ya Allah Sembuhkan Bapak Ku

Siang di kota Tegal. Semilir sang bayu yang menerpa tubuhku, ternyata mampu membuat semangat langkah kakiku untuk cepat sampai di rumah ortu semakin tinggi. Akhirnya sampai juga aku, bojoku dan anakku di halaman rumah ortu.
Kamar ortulah yang pertama kali aku sambangi, kulihat Ibu dengan setianya menemani bapak yang sedang berbaring sakit.
"Assalamu'alaikum....." ucapku
"Waalaikum salam.." jawab Ibuku dengan senyuman khas yang selama ini ku kenal.
Aku, bojoku dan anakku bergantian bersalaman & menyium tangan Ibuku. Tangan yang telah begitu besar jasanya dalam kehidupan ku. Tangan yang dulu pernah mengayun-ayunkan tubuh kecilku. Tangan yang pernah di gunakan untuk menyuapi makanan ketika aku belum sanggup makan sendiri. Tangan yang pernah membelai dengan penuh kasih sayang ketika aku menangis dan sedih. Tangan yang dulu menuntunku ketika aku belum mampu melangkah. Tangan yang pernah mengganti popok dan pakaianku ketika aku masih bocah. Tangan....tangan.....yang sangat berjasa dalam hidupku. Ya Allah sayangilah Ibuku sebagaimana beliau menyayangiku dan mendidikku sewaktu kecil.
Kemudian aku, bojoku dan anakku menghampiri Bapak yang masih terbaring di tempat tidur. Kami semua menyalami Bapak. Wajahnya masih terlihat pucat. Suaranyapun parau, tapi masih terdengar suara khas bapakku. Suara yang tak pernah memarahi ku, walaupun terkadang sewaktu kecil sering membuat kesal beliau. Suara yang selalu memberikan motivasi dan semangat disaat aku sedang bingung. Suara yang tak pernah lepas dari nasehat. Suara yang mendorongku untuk rajin sholat jamaah di surau. Suara.....yah.....suara khas bapakku.
Ya...Allah Illahi Rabbi, sembuhkanlah penyakit yang diderita bapakku. Sehatkanlah beliau ya Allah, agar bapakku bisa beraktifitas kembali.
Ngomong2 tentang orang tua, rasanya tidak ada yang sanggup membalas jasanya. Karena jasa orang tua yang telah membesarkan kita, mendidik kita dan menuntun kita untuk meraih cita-cita tidak dapat dinilai dengan materi. Maka, pantaslah kalau kedudukan orang tua sangat mulia disisi Allah SWT. Karena berbuat baik kepada kedua ibu bapak merupakan pekerjaan yang disenangi oleh Allah SWT.
Dari Abdullah bin Masud ra berkata, aku bertanya kepada Rasulullah saw : "Pekerjaan apakah yang sangat dicintai oleh Allah? Rasulullah saw menjawab: Shalat tepat waktunya". Aku tanyakan: Apalagi? Rasulullah Saw menjawab: :"Berbuat baik kepada orang tua". Kemudian apaagi? Rasulullah menjawab: "Berjihad di jalan Allah".
Dalam QS. An Nisa: 36,"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa,..................................".
Ya Allah, hari ini kau masih memberiku kesempatan untuk diriku berbakti kepada kedua orang tua. Terima kasih ya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar