Jumat, 28 Agustus 2009

CinTA kArENa ALLAH


Saudaraku,
Semoga Allah swt senantiasa melimpahkan barakahnya atas kita. Kita telah bertemu dan bersama di dunia ini, di atas jalan-Nya. Allah swt lah yang menuntun kita sampai disini. Kita telah bersatu dan berjalan di atas niat mencari keridhaan-Nya. Allah swt lah yang patut dipuji atas semua karunia kebersamaan ini. Meski kita merasakan lika liku kebersamaan ini juga tak pernah sepi dari noda dan kekeliruan, namun kita masing-masing perlu mengatakan, “Aku mencintaimu karena Allah”.

Indah sekali kalimat itu,
Dan kalimat itulah yang diajarkan Rasulullah saw kepada kita, kaum beriman. Menyatakan cinta secara verbal kepada seseorang dalam hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Terutama, karena cinta dalam persaudaraan Islam yang dilandasi karena Allah swt, pastilah akan sangat berat terucap secara lisan, bila tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam hati. Kalimat “aku mencintaimu karena Allah” pasti akan kelu diucapkan oleh orang yang menyimpan kehendak lain dari ucapkannya.

Begitulah saudaraku,
Allah swt beriman, “Sesungguhnya kaum beriman itu saudara,” (QS Al Hujurat:10). Persaudaraan karena Allah swt,
Persahabatan karena Allah swt,
Pertemanan karena Allah swt,
Saling cinta karena Allah swt,
adalah benar-benar karunia Allah swt kepada kita yang tak mungkin bisa di capai tanpa kondisi keimanan kita sendiri. Itulah salah satu hikmah yang terkandung dalam firman Allah swt, surat Al Anfal ayat 63: “Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang ada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka. Akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka.”

Perhatikan bagaimana Allah swt menegaskan, bahwa dunia seisinya sekalipun tak mungkin bisa menipu pertautan hati karena Allah swt. Artinya, pertautan hati karena selain Allah swt tidak akan bisa mempersatukan hati manusia.

Saudaraku,
persaudaraan karena Allah, adalah syarat kita mencapai surga. Seperti disabdakan Rasulullah saw, “Kalian tidak akan masuk surga kecuali bila kalian beriman. Dan kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang bila kalian lakukan, kalian bisa saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” Bahkan di hari kiamat kelak, akan ada suara yang memanggil orang-orang yang bersaudara karena Allah swt. Rasul saw bersabda, ”Sesunguhnya Allah swt berfirman di hari kiamat: ”Di manakah orang-orang yang saling mencinta karena Keagungan-Ku. Hari ini akan Aku naungi mereka di bawah naungan-Ku pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-ku.”(HR Enam Imam).

Saudaraku,
Ini adalah seruan hati. Untuk siapa saja di antara kita yang memiliki hati yang bisa disentuh oleh kecemburuan karena agama Allah. Mari kita menjadi hamba-hamba Allah yang bersaudara. Ucapkanlah saudaraku, ”Aku mencintaimu karena Allah”
Kita memohon kepada Allah, untuk menghimpun kita di surga Firdaus yang tinggi. Dan agar menjadikan perhimpunan yang dipenuhi kasih sayang. Sedangkan perpisahan kita setelahnya adalah perpisahan yang bersih dari dosa. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Muhammad, keluarga dan para sahabatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar