Minggu, 22 Agustus 2010

Berbagi Bersama Yatim Piatu


Ramadhan bagaikan sebuah telaga yang sangat besar. Di dalam telaga tersebut berisi kekayaan yang melimpah ruah. Ia mengalirkan air yang sangat jernih, sejuk, dan tidak pernah kering. Segala kebutuhan yang diperlukan oleh manusia bisa terpenuhi di dalam telaga tersebut. Dan manusia bisa membersihkan kotoran, memenuhi hajat hidup, dan mendapatkan berbagai kekayaan dari telaga tersebut.
Ramadhan hari ini adalah Ramadhan yang amat berbeda dengan Ramadhan kemarin, hari ini kami bersama Remaja Islam melakukan Bakti Sosial Ramadhan ke Pondok Pesantren Panti Asuhan Yatim Piatu "AL IKHWAN" yang terletak Kabupaten Bekasi. Jumlah santri yang bermukim sekitar 15 orang.
Agenda kami disana adalah Silaturrahim, Buka Puasa Bareng dan memberikan sumbangan berupa bahan makanan dan pakaian serta uang untuk biaya operasional pesantren.Tampak tempat aktivitas santri yang masih sangat memprihatinkan, rumah panggung dengan bilik anyaman bambu, hingga teras tempat belajar yang akan basah bila hujan turun. Dan hal ini kami semua merasakan karena saat kami tiba di sana hujan turun dengan derasnya.
Aq saat photo bareng dengan beberapa santri "Al-Ikhwan" Kabupaten Bekasi Kaum wanitapun ikut sibuk saat menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa bersamaAlhamdulillah........... kamipun akhirnya berbuka puasa bersama dengan para santri dan guru Panti Asuhan "Al-Ikhwan" Kabupaten Bekasi

Kamipun menikmati makanan dengan para santri dan guru Panti Asuhan Al-Ikhwan Kabupaten Bekasi

Tampak begitu gembiranya para santri atas kunjungan silaturrahim kami

Secercah wajah-wajah mereka saat menjalankan ibadah puasa & mendapati saudaranya bersilaturrahim ketempatnya

Inilah, secuil perjalanan di bulan Ramadhan 1431H. Bersilaturrahim, berbagi cinta dengan saudara kita...para santri yatim piatu Al-Ikhwan.
Kehidupan yang amat jauh sekali berbeda dengan kita, dalam hal apapaun.
Kita mungkin mudah untuk membeli dan memakan ayam goreng,
tapi...... mereka memakan ayam goreng hanya pada saat-saat seperti ini (ada yang bersilaturrahim)
Kita mungkin dengan mudahnya membeli baju baju baru,
tapi....... mereka begitu sulitnya tanpa uluran tangan dari para dermawan.
Kita bisa tertidur nyenyak diatas springbed,
tapi......... mereka tertidur diatas kayu beralaskan plastik
Kita bila kedinginan bisa segera berselimutkan tebal,
tapi...... mereka saat kedinginan hanya dapat meringkuk dengan berselimut kain sarung

Saudaraku,
semoga hal ini dapat menjadi renungan bagi kita,
agar kita senantiasa bersyukur atas rezki yang Allah limpahkan kepada kita,
Tentunya dengan mengaplikasikan diantaranya dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk saudara kita yang yatim piatu seperti di Panti Asuhan Al-Ikhwan Kabupaten Bekasi.

Ayooooo..........siapa yang ingin membantu mereka,
Ayooooo.........siapa yang ingin menyisihkan hartanya
untuk perjuangan mereka
kami siap membantunya.


1 komentar:

  1. Alhamdulillahi robbil álamiin, hanya penyampaian rasa terima kasih kami yang seluas-luasnya yang mampu kami haturkan kepada antum dan rombongan, yang telah sudi berkunjung ke pondokan kami yang sangat sederhana, berbagi cinta kasih dan kebahagiaan. Rasa haru dan bahagia bercampur jadi satu, setelah kami tahu bahwa ternyata kami tidaklah sendiri, masih ada yang berkenan merespon keprihatinan kami. Semoga budi baik antum beserta rombongan dibalasi oleh Allah berlipat ganda sebagaimana firman Allah dalam QS. 2:261. Dan hadits Rosululloh saw. "Barangsiapa meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim dengan penuh kasih sayang maka Allah akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuh tangannya". (HR. Ahmad, Thabrani, Banu Hibban, dan Ibnu Abi Aufa). Insya Allah, amin. Sekian dari kami, teriring salam bahagia dan rasa terima kasih tiada terhingga dari para santri. "Tidak ada kesan yang indah tanpa kehadiran antum", ucap mereka....
    Syukron. Wassalamuálaykum.

    BalasHapus